Tuesday, 28 March 2017
Uncategorized

Cara menghilangkan Jamur Pada Lemari yang Paling Efektif

Sumsel.Info– Anda sedang berada Di halaman yang mengulas tentang Cara menghilangkan Jamur Pada Lemari yang Paling Efektif, Jangan lupa untuk memberikan Coment dan share Artikel dihalaman ini Jika Cara menghilangkan Jamur Pada Lemari yang Paling Efektif bermamfaat untuk anda.

Cara menghilangkan Jamur Pada Lemari yang Paling Efektif

Cara menghilangkan jamur pada lemari kayu yang sangat efektif. Ketika musim penghujan datang, jamur dapat tumbuh di semua tempat, tak terkecuali di perabot rumah anda yang berbahan dasar kayu. Jamur ini tumbuh subur karena ruangan anda mempunyai kelembapan udara yang tinggi dan juga kurangnya mendapatkan paparan sinar matahari.
Ketika jamur sudah tumbuh di peralatan seperti lemari, buffet, rak tivi dan lain-lain yang terbuat dari kayu, walaupun sudah anda bersihkan pasti akan tumbuh kembali. Agar jamur pada furniture anda tidak tumbuh lagi, maka perlu adanya tindakan khusus untuk mengatasi dan mencegah tumbuhnya jamur tersebut.

Jamur yang telah tumbuh di lemari, bufet, meja, dan berbagai tempat lainnya pasti akan membuat jengkel, karena walaupun sudah anda dibersihkan, nantinya jamur tersebut tetap saja tumbuh kembali dengan cepat. Jika hal ini terjadi akan menyebabka pakaian yang ada di dalam lemari menjadi kotor. Kalau sudah di tumbuhi jamur seperti itu pastinya akan menambah pekerjaan anda, yaitu mencuci kembali pakaian yang sudah anda cuci namun kotor karena jamur tersebut.
Pertumbuhan jamur ini dapat berlangsung dengan cepat, dalam hitungan hari saja, maka jamur pun sudah bertebaran di setiap dinding lemari yang terletak di ruangan yang lembab dan kurang cahaya matahari tersebut. Hal ini mengharuskan pemiliknya untuk terus membersihkan lemari, namun selang beberapa hari jamur pun akan mudah dan cepat datang kembali. Pertumbuhan ini pun dapat terjadi pada bagian luar dan dalam lembari, tentu sangat kotor dan jorok sekali lemari tersebut.
Nah untuk meminimalisir pertumbuhan jamur pada lemari kayu anda sebaiknya di mulai dari yang paling mudah saja yaitu membuka jendela ruangan anda, ini berfungsi agar terjadinya sirkulasi udara dalam ruangan, sehingga di dalam ruangan tersebut udara akan lebih kering. Selain itu usahakan paparan sinar matahari langsung dapat masuk ke ruangan tersebut.
Apabila tempatnya tidak mendukung terbentuknya jamur, maka tidak akan ditemui pertumbuhan jamur-jamur yang mengganggu tersebut. Jadi, penyebab utama tumbuhnya jamur ini adalah tempat atau ruangan yang lembab akibat kurang atau tidak adanya ventilasi dan jendela yang mengizinkan sinar matahari masuk dan pertukaran udara yang baik untuk menjaga ruangan tetap kering dan segar.
Sekarang ini sudah banyak di temui produsen lemari yang telah membuat produk furniturnya dengan suatu obat agar terhindar dari jamur, walaupun furniture yang kita beli di letakkan di tempat yang lembab dan gelap sekalipun. Untuk itu, sebelum membeli lemari baru, pastikan untuk membeli sudah memiliki anti jamur. Namun, jika anda sudah terlanjur membeli peralatan rumah tangga yang tidak memiliki anti jamur, maka perlu adanya upaya untuk mengatasi pertumbuhan jamur tersebut agar tidak dihinggapi jamur-jamur tersebut.
Berikut beberapa tips cara menghilangkan jamur pada lemari yang efektif dan ampuh :
1. Oleskan Alkohol pada Lemari
Tak selamanya yang namanya alkohol itu digunakan untuk hal-hal yang negatif, namun alkohol juga bisa kita gunakan untuk kegiatan positif yaitu Selain berfungsi sebagai alat pembersih jamur,  alkohol juga dapat di gunakan untuk mematikan jamur pada lemari. Sehingga jamur yang sudah diolesi alkohol hampir dipastikan tidak akan tumbuh lagi pada dinding lemari.
Caranya :
Siapkan kain kering terlebih dahulu sebelum mengoleskan air alkohol. Gunakan air alkohol yang berkadar 70 hingga 80 persen. Setelah itu basahi kain kering tersebut dengan air alkohol lalu oleskan pada dinding lemari yang berjamur. Setelah mengoleskan alkohol, ada baiknya jika kamu tambahkan dosis kamper pewangi lemari untuk menghalau sisa-sisa dari aroma alkohol yang masih tertempel pada dinding lemari.
2. Lapisi dengan Pernis atau Melamin
Apabila  alkohol masih juga belum mempan membasmi pertumbuhan jamur tersebut, anda dapat menggunakan cara yang lainnya yaitu dengan melapisi bahan pelapis bening yang biasa kita kenal dengan nama pernis atau melamin. Cara ini terbukti ampuh sebagai pembasmi jamur, melamin juga dapat mempercantik tampilan lemari anda menjadi lebih indah dan menawan serta kedap air. Cairan melamin ini bisa anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Dengan menggunakan media kuas atau semprotan anda bisa menyemprotkan cairan melamin pada dinding lemari yang berjamur.
3. Gunakan Air Conditioner atau Bahan Penyerap Lembab
Cara lain yang tak kalah efektif ampuh membasmi pertumbuhan jamur adalah menggunakan bahan penyerap lembab dan bau. apabila menggunakan cara ini anda tinggal meletakkan bahan penyerap lembab tersebut ke dalam lemari pakaian atau dalam ruangan yang sering tumbuhnya jamur. Di toko-toko terdekat kini sudah terjual bebas beberapa bahan penyerap lembab yang ramah lingkungan. Sehingga anda tidak akan kesulitan jika ingin membeli bahan penyerap lembap tersebut. Mengggunakan Air Conditioner bisa jadi jalan alternatif jika bahan penyerap lembab masih sulit ditemukan.
4. Gunakan Cahaya dari Lampu TL
Ruangan yang lembap umumnya terjadi pada saat ruangan kurang cahaya dan sirkulasi udara. Hal ini nantinya berakibat pada pertumbuhan jamur. Cahaya yang dihasilkan oleh lampu TL berguna sebagai pengusir tumbuhnya jamur, sehingga Penggunaan lampu TL ini sangat disarankan jika dinding lemarimu mengalami kelembaban.
5. Menggunakan Bahan Pembersih Dapur
VEJA, atau Veja Multi – Uso biasanya digunakan untuk membersihkan dapur, kamar mandi, tempat cuci piring, mesin cuci, wastafel, kulkas, ubin (lantai), bahan plastik dan enamel, kompor dan permukaan lainnya. Veja ini direkomendasikan untuk membersihkan atau menghilangkan lemak, debu, noda membandel, noda dari pensil, dan bekas jari. Selain itu Veja ternyata juga dapat digunakan untuk menghilangkan dan mencegah tumbuhnya jamur pada lemari. Mari hilangkan jamur dengan Veja menurut pengalaman penulis sendiri, hal ini sangat mudah dan efektif.
Bagaimana cara menggunakan pembersih Veja? Pembersih ini dapat digunakan langsung dan jangan dikocok terlebih dahulu. Caranya semprot (oles, pencet, dll) ke permukaan bahan yang akan dibersihkan kemudian lap dengan menggunakan kain basah atau dengan menggunakan spons (busa) yang lembut. Bersihkan permukaan hingga bersih. Jamur di lemari pun dapat bersih dan perlu waktu berbulan-bulan agar dapat tumbuh kembali dan pertumbuhannya pun sangat lambat dan sedikit dibandingkan tanpa menggunakan obat ini.

Demikian cara menghilangkan jamur pada lemari yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi solusi untuk anda.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara menghilangkan Jamur Pada Lemari yang Paling Efektif, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara menghilangkan Jamur Pada Lemari yang Paling Efektif berguna untuk anda.

Post Comment