Sunday, 22 January 2017
Tentang Kesehatan Uncategorized

7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang

7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang, 7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang

7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang

Diantara penyebab sakit gigi dan gigi berlubang yaitu makanan manis, kebiasaan merokok, plak gigi atau karies gigi, minuman berenergi dan semua minuman yang dapat memicu kondisi asam dalam mulut.
Rokok secara tidak langsung akan menyebabkan gigi berlubang dan sakit gigi
Sebelumnya kita sudah membahas tentang PLAK GIGI dan karies gigi penyebab gigi berlubang, maka kali ini kita akan membahas lebih banyak lagi tentang apa saja yang menyebabkan gigi berlubang.

Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan mulut yang sering kita jumpai baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Umumnya, akar masalah yang menyebabkan gigi berlubang adalah kebiasaan kita dalam mengkonsumsi makanan atau minuman tapi tidak kita sudahi dengan gigi dan mulut kita dengan berkumur atau menyikat gigi. Itu akar masalahnya. Akan tetapi, apa saja yang secara spesifik dan faktor-faktor dapat memicu dan menyebabkan gigi kita berlubang?

Makan dan Minuman yang Manis-manis

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, ketika kita makan makanan yang manis, tapi setelah itu kita membiarkannya, maka kuman akan memprosesnya sisa makanan tersebut menjadi asam yang menjadi cikal-bakal terbentuknya plak gigi atau karies gigi. Adanya asam yang menempel pada gigi kita, akan membuat lubang-lubang kecil yang nantinya akan menjadi titik lubang yang akan menjadi besar. Oleh sebab itu, bersihkan gigi setelah makan. Yang menjadi masalah bukan makanan manisnya, akan tetapi setelah mengkonsumsi makanan yang manis, kita juga harus sabar untuk membersihkan atau menyikatnya. Kalau orang tua kita mungkin ada yang bilang, gigi kita berlubang karena dimakan ulat.

Baca juga:
1. Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Hamil
2. Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Ibu Menyusui

Bakteri Streptococcus yang Menular

Dalam beberapa penelitan, salah satu bakteri yang menyebabkan gigi brelubang adalah Streptococcus Mutans. Bakteri ini dapat berpindah dari mulut orang yang giginya berlubang melalui sentuhan, seperti peralatan makanan semisal sendok, garpu, dan gelas. Bakteri tersebut banyak terdapat pada mulut orang yang mempunyai gigi berlubang dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Oleh sebab itu, jika Anda bisa menghindari dari bakteri ini, berarti salah satu penyebab gigi berlubang bisa Anda hindari.

Salah dalam Cara Menyikat Gigi

Sebenarnya menyikat gigi itu mudah. Akan tetapi tidak semua orang tahu cara bagaimana menyikat yang benar. Beberapa dokter dan pakar menyebutkan bahwa menyikat gigi setidaknya kita lakukan selama satu hingga dua menit. Sikatlah gigi dari atas kebawah jika menggosok gigi yang atas, dan dari bawah ke atas jika ingin menggosok gigi yang bagian bawah. Tapi jika terasa sulit, sikatlah gigi dari atas saja. Akan tetapi, jika kita menyikat gigi dari kiri ke kanan, itu cara yang kurang tepat. Sebab, sikat tidak bisa membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi. Dan usahakan untuk menyikat gigi di depan cermin sehingga kita bisa melihat apakah gigi kita sudah bersih atau tidak.
Biasakan menyikat gigi sambil bercermin sehingga kebersihan gigi bisa dipantau

PLAK GIGI dan Karies GIGI

Adanya plak gigi dan karies gigi merupakan sebab akibat dari faktor pertama dan kedua. Ketika dalam mulut kita banyak sisa makanan, lalu dalam mulut kita terdapat banyak bakteri, maka kita rentan mempunyai gigi berlubang. Adanya karies gigi dalam mulut kita bisa jadi akan memancing karies gigi – karies gigi lainnya di bagian lain gigi kita. Oleh sebab itu, bersihkan karies gigi kita agar tidak ada tempat bersembunyi bagi bakteri dan yang juga tak ada sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Merokok dapat Menyebabkan Gigi Berlubang

Merokok bisa jadi merupakan salah satu penyebab gigi berlubang. Akan tetapi, faktor yang utama dalam gigi berlubang bukan hanya pada plak yang diakibatkan karena merokok. Yang menjadi masalah adalah ketika orang merokok, selain menimbulkan plak, hampir semua perokok menyandingkan kopi dalam kegiatan merokoknya itu. Kopi dengan gulanya merupakan minuman yang dapat memicu adanya zat asam dalam mulut. Sehingga, jika perokok tidak terlalu pada kebersihan mulutnya, maka ia akan rentan untuk memiliki gigi yang berlubang.

Baca juga: 5 Bahan Alami untuk Obat Sakit Gigi Berlubang

Makan Makanan atau Minuman yang Bersifat Asam

Perhatikan dan diingat ingat, setelah Anda mengonsumsi minuman berenergi atau minuman bersoda, atau minuman asam lainnya, berkumurlah terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Dengan berkumur, maka zat asam yang tersebar di dalam mulut dan sela-sela gigi kita akan keluar. Zat asa tersebut dapat membuat gigi kita rapuh dan lembek. Oleh sebab itu, sebaiknya berkumur dulu sebelum menyikat gigi. Selain berfungsi untuk menghilangkan zat asam, berkumur juga sekaligus dapat mengurangi bakteri dalam mulut kita.

Menggunakan Sikat GIGI yang Kurang Tepat

Penggunaan sikat gigi yang kurang sesuai dengan karakter rongga mulut kita, juga bisa berpotensi untuk memicu terjadinya gigi berlubang. Penggunaan sikat gigi yang kurang pas atau kurang cocok dengan mulut kita dapat mengakibatkan tidak terjangkaunya sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi. Kalau kita menggunakan sikat gigi yang mempunyai bulu sikat yang besar, maka akan sulit menjangkau sela-sela gigi dan bahkan bisa membuat gigi kita cepat berlubang karena bulu sikat tersebut dapat mengikis lapisan gigi kita. Jadi, carilah sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Kemudian pilih sikat gigi yang mempunyai ujung kepala sikat yang mengecil sehingga dapat menjangkau ke gigi geraham.

  7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang,   7 Penyebab Kerusakan Gigi Berlubang

Post Comment