Tuesday, 30 May 2017
Root Android Uncategorized

10 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/ Mati Sendiri, Lag, Dan Macet

10 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/ Mati Sendiri, Lag, Dan Macet, 10 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/ Mati Sendiri, Lag, Dan Macet

10 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/ Mati Sendiri, Lag, Dan Macet

NGAWI DIAN – Tips Cara Memperbaiki Smartphone Android Yang Sering Restart (Mati Sendiri). Restart atau Mati sendiri sering kali di alami bagi para pengguna teknologi canggih, seperti komputer dan gadget.

Cara Mengatasi HP Android Sering Restart

Baca Juga :
  • #10 Penyebab Dan Cara Mengatasi Game Android Keluar Sendiri
  • #8 Penyebab Dan Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka
Saya sendiri juga mengalami masalah yang sama. Tapi masalah tersebut saya alami pada komputer saya, bukan pada smartphone Android. Saat sedang mengakses internet tiba – tiba komputer saya langsung mati total, dan setelah saya cek ternyata komputer suhu terlalu panas (Overheat). Hal ini terjadi karena faktor suhu yang ada di lingkungan dan faktor kinerja dari hardware komputer itu sendiri yang tidak pernah saya istirahatkan. Waktu itu saya mengakses internet pada saat siang hari, dan pastinya siang hari suhu terasa panas dan hardware komputer-pun serasa sangat panas pula. Alhasil komputer restart dengan sendirinya.
Apa Solusi Dari Permasalah HP Android Restart Sendiri?
Setiap orang tentunya memiliki masalah yang berbeda – beda, apa yang saya alami mungkin belum tentu sama dengan apa yang anda alami. Faktor dari software juga bisa menjadi penyebab mengenai smartphone android mengalami restart tiba – tiba. Untuk mengatasi masalah HP Android yang restart sendiri, anda bisa simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya berikut ini.

10 Penyebab Smartphone Android Restart/Mati Sendiri

  1. Terlalu Banyak File Sampah Yang Menumpuk. Setiap anda membuka dan menjalankan aplikasi tentunya akan memproduksi file sampah atau file cache secara terus – menerus. Dan apabila file tersebut terus menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka dapat menyebabkan ponsel android terasa berat, sering error, force close tiba – tiba, hang, dan pada akhirnya restart dengan sendirinya.

    Baca : 6 Aplikasi Cleaner Untuk Android Terbaik Dan Terpopuler

  2. Terjadi Kerusakan Pada Aplikasi. Apabila ada aplikasi yang error, terasa berat, berhenti tiba – tiba, muncul pesan error, force close maka hal tersebut bisa menjadi kemungkinan smartphone android anda restart dengan sendirinya.  File aplikasi yang tidak lengkap, rusak, atau tidak compatible membuat sistem android sering error.
  3. Sistem Android Error. Jika sistem android mengalami kerusakan karena hal tertentu, mungkin secara tidak sengaja anda menghapus file sistem maka secara tidak langsung hal tersebut membuat sistem android terjadi error, hang, restart sendiri.
  4. Sistem Android Telah di Root. Root memang terlihat sangat baik untuk pengguna, tapi sebenarnya root tidak baik untuk smartphone itu sendiri. Dengan root pengguna bisa mengakses sistem yang sebelumnya tidak bisa diakses dan pengguna bisa memasang game berat yang sebelumnya tidak bisa dipasang. Tapi terkadang root dibeberapa kasus dapat membuat file sistem error, mungkin saja terjadi crash pada file tertentu dan mengakibatkan Android mati sendiri.

    Baca : Inilah 2 Aplikasi Root Android Terbaik Tanpa PC

  5. Overload Pada CPU, Memory RAM dan GPU. Bebat yang terlalu banyak atau berat dapat membuat hardware menyerah dalalam menangai semuanya. Banyaknya aplikasi yang anda jalankan membuat hardware tidak kuasa melakukan semuanya. Setiap smartphone memiliki kemampuan yang berbeda – beda, untuk itulah sebagai penguna yang bijak anda tidak perlu memaksakan sesuatu yang memang tidak mampu dilakukan oleh smartphone milik anda. Overload pada hardware utama seperti CPU, Memory RAM dan GPU akan membuat hang, dan pada akhirnya smartphone akan restart/mati sendiri.
  6. Panas Berlebihan (Overheat). Hardware yang terlalu panas sering kali terjadi pada baterai smartphone. Dan apabila baterai panas maka akan merambat ke hardware lain seperti RAM, Processor, dan lain – lainnya. Semua jenis teknologi seperti smartphone memang dirancang untuk melakukan restart sendiri apabila suhu hardware serasa sangat panas. Hal ini juga sering terjadi pada komputer, terlalu panas hardware komputer juga dapat mengakibatkan komputer restart sendiri.
  7. Usia HP Sudah Tua. HP yang sudah berumur lebih dari 3 atau 4 tahun bisa dikatakan sudah tua, dan untuk kualitas dan performa dari hardware smartphone itu sendiri pasti menurun. Artinya sebagai pengguna jika memang umur HP sudah tua, tidak perlu memaksakan HP untuk bekerja keras dalam memaksimalkan penggunaan. 
  8. Game (Beta). Game versi beta atau versi coba –  coba bisa menyebabkan HP Android mengalami Restart dengan sendiri. Mungkin game yang anda pasang Kurang lengkap atau mungkin game yang anda pasang tidak kompatibel dengan sistem sehingga menyebabkan terjadinya error berturut – turut dan alhasil restart dengan sendirinya.
  9. Crash Software. Aplikasi yang bertabrakan biasanya terjadi pada 2 anti virus atau game Android. File yang bertabrakan mungkin disebabkan karena update yang belum selesai sehingga membuat file campur aduk dan sering mengalami error. Dan tidak menutup kemungkinan juga terjadi restart.
  10. Terserang Virus Jahat. Virus merupakan ancaman pada semua sistem operasi, baik itu pada komputer ataupun smartphone. 1 virus yang berbahaya bisa – bisa menyebabkan semua sistem rusak total. Contoh sederhana restart sendiri, mungkin virus tersebut masuk pada sistem reboot yang membuat smartphone sering terjadi restart. Sebaiknya gunakan anti virus handal untuk menghapus dan mencegah masukkan virus ke sistem android.

    Baca : Inilah 7 Anti Virus Terbaik Untuk Smartphone Android
Dari penyebab di atas tentunya anda sudah berfikir mengenai permasalah pada smartphone android anda. Untuk mengatasinya, anda bisa simak tips memperbaiki smartphone android yang sering mengalami restart sendiri berikut ini.

8 Cara Mengatasi Smartphone Android Sering Restart Sendiri

  1. Bersihkan Cache Android. Apabila anda tidak pernah menghapus file cache atau sampah maka sebaiknya lakukan penghapusan agar nantinya smartphone anda tidak terasa berat dan lemot. Tidak perlu bingung, menghapus file cache sangatlah mudah. Dengan menginstall aplikasi Clean Master maka semua file cache bisa anda hapus. Cukup dengan sekali tap maka semua file junk, cache, dan history bisa bersih secara total.

    Baca : Cara Membersihkan Cache Memori Di Ponsel Android

  2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Compatible. Mungkin anda merasa kesulitan membedakan mana aplikasi yang tidak compatible. Sederhana saja, jika ada aplikasi tertentu yang sedang mengalami error atau sering muncul pesan error seperti force close maka tandanya aplikasi tersebut tidak compatible. Mungkin karena OS Android anda atau mungkin karena aplikasi tersebut memang tidak compatible dengan OS Android anda. Untuk menghapusnya, anda bisa masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, lalu cari dan tap aplikasi yang anda ingin hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus/Uninstall aplikasi.
  3. Unroot Android Anda. Jika sebelumnya anda telah melakukan proses rooted pada smartphone android anda, dan setelah itu smartphone sering mengalami restart pada dapat disimpulkan “root” adalah penyebabnya. Lakukan Unroot agar android anda bisa berjalan dengan normal kembali. Gunakan aplikasi Unroot untuk menghapus rooted yang anda lakukan.

    Baca : 2 Cara Unroot Smartphone Android Tanpa PC
  4. Pasang Anti Virus. Gunakan anti virus yang handal untuk menghapus dan mencegah virus agar tidak bisa merusak sistem android anda. Anti virus terbaik yang sering digunakan oleh para pengguna android yakni AVG, CM Security, AVAST Mobile Security, Bitdefender Antivirus Free, dan anti virus – antivirus lainnya. Pilih salah satu diantara anti virus yang saya sebutkan tersebut. Unduh dan pasang anti virus melalui Google Play Store.

    Baca : Cara Menghapus Virus di Smartphone Android
  5. Hapus Game. Hapus game yang memberatkan smartphone android anda. Atau jika anda menginstall game versi beta atau versi yang kurang compatible dengan OS Android anda maka sebaiknya hapus saja. Tujuannya agar smartphone tidak sering terjadi error, rusak, atupun restart sendiri.
  6. Reboot Smartphone. Matikan smartphone android anda, lalu cabut baterai, SIM Card, dan SD Card (Micro SD). Diamkan beberapa saat agar tidak ada daya yang masuk ke smartphone. Pasang dan nyalakan kembali android anda.
  7. Ganti SIM Card. Ternyata ada beberapa kasus terjadi restart android disebabkan oleh SIM Card, entah kenapa tapi itu benar – benar terjadi. Coba ganti SIM Card anda dengan yang lain atau yang baru, semoga saja nantinya tidak terjadi restart tiba – tiba.
  8. Factory Riset. Jika semua cara diatas tidak berhasil, maka ada hanya bisa satu cara terakhir yang dengan mengembalikan smartphone ke kondisi semua (Pengaturan Pabrik). Backup dulu semua data anda agar nantinya bisa anda kembalikan lagi. Masuk pada menu Pengaturan » Backup & Riset » Factory Data Riset, lalu tap “Riset Phone”.

    Baca : Cara Mengembalikan Smartphone Android Ke Setelan Pabrik
Apabila dengan tips – tips diatas tidak membuahkan hasil sama sekali, maka anda bawa saja ke tukang servis android, Mungkin saja android anda mengalami kerusakan pada bagian Hardware. Di tempat tersebut nanti akan ada bantuan yang lebih baik.
Baca Juga :
  • #8 Kebiasaan Buruk Yang Membuat Baterai Smartphone Cepat Rusak
  • #10 Tips Merawat Tablet Android Supaya Tetap Awet (Tahan Lama)
Itulah ulasan singkat mengenai cara mengatasi Smartphone android yang sering restart, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkan sesuatu, tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih, Selamat mencoba dan semoga berhasil!!!

  10 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/ Mati Sendiri, Lag, Dan Macet,   10 Cara Mengatasi HP Android Sering Restart/ Mati Sendiri, Lag, Dan Macet

Post Comment